Ter-Update :
Home » » Amalan Yang Paling Dicintai Allah, Apa Itu?

Amalan Yang Paling Dicintai Allah, Apa Itu?

Diposkan oleh Fadil Ibnu Ahmad | Selasa, 21 Agustus 2012

UmatMuhammad.com - Sahabat, begitu banyak amalan shalih yang dapat kita lakukan. Bagi orang beriman, segala bentuk aktivitas jika diniatkan untuk ibadah, Insya Allah kebaikan akan Allah berikan atas perbuatan yang kita lakukan. Jadi, ibadah itu tidak hanya shalat saja, tidak hanya shaum saja, tetapi hal-hal kecil juga, bahkan senyum bisa menjadi ibadah jika diniatkan ikhlas karena Allah Swt.

Di dunia ini, tentu orang yang beriman akan senantiasa berlomba mengerjakan kebaikan untuk mendapat ridha dan cinta Allah Swt. Sebagian besar muslim berpikir bahwa amalan yang paling besar pahalanya adalah jihad perang melawan musuh-musuh Allah Swt. Begitu pula dengan berbakti kepada orang tua, tentunya tidak kalah hebatnya dengan perang melawan musuh-musuh Allah.

Dari dua amalan yang mulia itu, ada satu amalan lagi yang paling dicintai Allah. Jika perang melawan musuh Allah itu terhitung berat dan berbakti kepada orang tua juga membutuhkan kesabaran serta pengorbanan untuk membahagiaan mereka, justru amalan ini paling ringan dilakukan, apa itu?
Enk Ink Enk..!!!
Amalan yang paling dicintai Allah itu adalah shalat tepat waktu. Kita simak yuk hadits Rasulullah berikut ini.
"Abdullah (bin Mas'ud) r.a. berkata, "Saya bertanya kepada Nabi, 'Apakah amal yang paling dicintai oleh Allah?' (Dalam satu riwayat: yang lebih utama 3/200) Beliau bersabda, 'Shalat pada waktunya' Saya bertanya, 'Kemudian apa lagi?' Beliau bersabda, 'Berbakti kepada kedua orang tua.' Saya bertanya, 'Kemudian apa lagi'? Beliau bersabda, 'Jihad (berjuang) di jalan Allah."' Ia berkata, "Beliau menceritakan kepadaku. (dalam satu riwayat: "Saya berdiam diri dari Rasulullah.") Seandainya saya meminta tambah, niscaya beliau menambahkannya." (H.R. Bukhari).
Subhaanallah, dengan shalat tepat waktu saja Allah Mencintai kita. Shalat tepat waktu juga lebih utama dicintai Allah dari berbakti kepada orang tua dan berjuang di jalan-Nya. Akan tetapi, kebanyakan umat Islam sekarang sepertinya telah lupa akan hadits ini. Jika kita sudah tahu bahwa shalat tepat waktu itu amalan yang paling dicintai Allah, tentunya kita akan berusaha semaksimal mungkin agar bisa mengerjakannya.
Dilihat dari pengertian hadits di atas, amalan tersebut adalah tingkatan amalan yang paling dicintai Allah dari yang tinggi sampai yang di bawahnya. Hal ini bukan berarti kita meninggalkan amalan berbakti kepada orang tua dan jihad di jalan Allah karena telah mengerjakan shalat tepat waktu, justru semua itu harus kita kerjakan supaya Allah lebih Mencintai kita lagi, betul betul betul?
Nah sahabat, kita sudah tahu kan amalan yang paling dicintai Allah itu? Apa hadits itu menambah semangat sahabat-sahabat untuk lebih dicintai Allah? Tentunya sahabat sendiri yang dapat menjawabnya. Ayo kita shalat tepat waktu, siapa cepat, dia dapat cinta Allah.

Allahu A'lam.

Oleh : Fadil Ibnu Ahmad.
Share this article :

0 comments:

Tuliskan komentar anda.

Silahkan cantumkan komentar dengan bahasa yang baik.

 
Semua konten di UmatMuhammad.com boleh disalin dengan mencantumkan sumber URL-nya.
Gunakan peramban Google Chrome untuk tampilan yang lebih baik dan untuk menampilkan fitur Sharing artikel.
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013-2014. UmatMuhammad.com - Dakwah Never Ends - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template | Website by FadilWeb